Mengulik Jenis Budidaya Ramah Lingkungan yang Sedang Tren, Apa Itu?

Budidaya Ramah Lingkungan

Saat ini budidaya ramah lingkungan semakin diminati dengan seiring banyaknya kampanye untuk mencintai lingkungan lebih lanjut. Diantara salah satu jenis budidaya yang banyak dilaksanakan yaitu budidaya hortikultura ramah lingkungan. Sudahkah Anda mencobanya di rumah?

Untuk gaya hidup ramah lingkungan mulai merambah pada pertanian. Di mulai dari bahan makanan organik, makanan yang tak merusak lingkungan, dan sebagainya. Sekarang, mulai banyak tersedia berbagai produk hortikultura yang sangat berkualitas, terjamin kesegarannya, serta bebas dari residu bahan kimia dalam mendukung langkah ini.

Pada level hulu, budidaya yang dilaksanakan secara organik sudah banyak diterapkan. Budidaya ini dilaksanakan supaya lebih ramah lingkungan. Bukan hanya itu, hal ini merupakan tuntutan dari konsumen yang tak hanya menginginkan pangan dalam jumlah yang mencukupi, namun juga aman ketika dikonsumsi.

Uji standar yang diterapkan dalam budidaya pertanian sekarang juga tak lagi memakai standar nasional. Supaya pertanian Indonesia bisa lebih maju, standar ini harus ditingkatkan menjadi standar yang berlaku di skala internasional.

BACA JUGA:
Membuat Kebun Minimalis di Lahan Sempit, Ini Tips & Triknya!
Iniloh 8 Cara Pemindahan Bibit Tanaman Agar Tak Stres, Mau Tau?
Ingin Panen Buah Sendiri, Coba Tanam 7 Tanaman Ini Deh!

Hal ini disampaikan oleh Sri Wijayanti selaku Direktur Perlindungan Hortikultura, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, “Sistem budidaya pertanian mau tidak mau harus menerapkan standar mutu dan keamanan pangan, bukan hanya level nasional namun berstandar global. Ini menjadi bagian penting dalam rangka mewujudkan target Indonesia lumbung pangan dunia 2045.”

Sri juga menambahkan bahwa sekarang sudah terjadi perkembangan dinamika dengan adanya tren budidaya ramah lingkungan ini. Dalam jangka pendek dan jangka menengah, hal ini sudah dirumuskan dalam skenario Grand Design Ditjen Hortikultura 2020—2024. Dengan ini, petani muda-lah yang diharapkan mampu menjadi ujung tombak dalam grand design ini.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

Proses penerapan sistem budidaya ramah lingkungan oleh petani muda ini didukung oleh berbagai proram untuk mendorong hal ini. Contohnya, seperti yang sudah diterapkan di salah satu sentra produksi buah dan sayuran di Indonesia.

Desa Tlogo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang sudah difasilitasi untuk melaksanakan budidaya ramah lingkungan. Di Desa Tlogo, petani muda dibina mengenai tanaman pembatas untuk mengusir hama. Contohnya seperti pemakaian tanaman refugia dan bunga matahari yang sudah banyak diterapkan para petani.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Mengulik Jenis Budidaya Ramah Lingkungan yang Sedang Tren, Apa Itu? dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Polybag untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Published by

Lim Mulyono

Entrepreneur

Leave a comment