Cara Budidaya Bunga Anggrek Dengan Polybag Untuk Pemula

cf920607d6de54096054d3458df1f9a0a326712b

Produsen & Distributor Plastik Polybag – Lim Corporation

Tanaman anggrek atau dalam bahasa latin Orchidaceae merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis – jenis terbanyak. Jenis – jenisnya tersebar luas didaerah tropika basah sampai wilayah sirkumpolar, meski sebagian besar anggotanya ditemukan pada daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup epifit, terutama yang berasal didaerah tropika. Bunga anggrek yang tumbuh di daerah yang beriklim sedang umumnya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ – organ tumbuhan anggrek yang cenderung tebal dan berdaging membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. Tanaman anggrek epifit bisa hidup dari embun dan udara yang lembap.

Baca Juga:

Cara perawatan bunga anggrek dalam polybag terbilang cukup mudah. Begitu juga dengan cara penanamannya dalam beberapa media – media. Bunga anggrek menjadi salah satu tanaman bunga terfavorit para ibu rumah tangga. Bunga ini cocok digunakan untuk tanaman hias sebab keindahannya terlebih cocok dengan iklim Indonesia. Bunga anggrek mempunyai banyak jenis, salah satunya anggrek bulan yang sangat populer sebab menjadi salah satu bunga nasional Indonesia dan memegang predikat puspa pesona.

Selain bunga anggrek bulan terdapat jenis lain seperti anggrek ungu, anggrek hitam, anggrek macan, anggrek tanah, dan lain – lainnya. Bunga anggrek sangat pas untuk hidup di daerah tropis dengan intensitas sinar matahari yang berlebih. Tanaman anggrek tumbuh dan menghasilkan bunga -bunga yang luar biasa cantiknya. Selain ditempelkan sebagai hiasan dinding, didudukkan dalam wadah polybag juga semakin membuat tampilannya begitu menarik. Lalu apakah benar bunga anggrek bisa hidup di dalam rumah ? bila anda penasaran dengan jawabanya anda bisa melihat ulasan dibawah ini mengenai cara menanam dan merawat bungga anggrek.

Tahapan menanam dan merawat bungga angrek :

Cara menanam bunga anggrek
Bunga anggrek umumnya ditanam dengan cara ditempel atau ditanam dalam poybag. Keduanya bisa anda lakukan untuk memperoleh bunga anggrek yang indah. Kebanyakan memakai media polybag sebab memudahkan dalam penataan terutama bila ditanam di perkarangan rumah, sebab akan membuat perkarangan rumah anda menjadi cantik dan asri karena keberadaan bunga anggrek ini. Namun bila anda ingin menaruhnya di dalam ruangan atau didalam rumah anda bisa menggunakan pot sebagai media tanamnnya.

Polybag2

Lalu apakah bisa bunga anggrek berkembang didalam ruangan ? pertanyaan diatas kami akan menjawabnya bisa. Kemudian bagaimana caranya? bacalah ulasan dibawah ini mengenai bunga anggrek. Memang benar bila bunga anggrek bisa dikembangbiakan dalam ruang tertutup. Caranya, anggrek ditanam memakai pot kemudian ditempatkan dalam rumah. Pot diletakkan dengan posisi yang memungkinkan untuk terkena sinar matahari. Bila tidak ada sinar matahari langsung ? anda jangan khawatir, bunga anggrek masih bisa berbunga asalkan didekatkan dengan sumber cahaya.

Tips merawat bunga anggrek 
Berikut ini ada beberapa tips penting untuk perawatan bunga anggrek dalam media pot. Tips ini bisa membantu anda merawat anggrek supaya tetap berbunga cantik sekalipun berada didalam ruangan.Tempatkan pot anggrek di tempat yang terkena sinar matahari langsung Anda bisa mengusahakan menempatkan pot bunga di daerah bercahaya matahari, misalkan didekat jendela. Jangan sampai bunga anggrek ditaruh di tempat yang gelap. Namun bila di dekat jendela terlalu panas, pindahkan ke meja terdekat atau di sudut yang masih dapat menerima cahaya.

Anggrek memang membutuhkan matahari, namun bila terlalu panas akan menghambat pertumbuhannya. Meski dijadikan tanaman hias indoor, bungga anggrek tetap dapat berbunga dengan cara meletakkannya di dekat sumber cahaya. Misalkan di dekat jendela dimana cahaya matahari dapat masuk menembus ruangan. Meski dijadikan tanaman hias indoor, bunga anggrek tetap dapat berbunga dengan cara meletakkannya di dekat sumber cahaya. Misalkan di dekat jendela dimana cahaya matahari dapat masuk menembus ruangan.

Membeli lampu ruangan
Lampu ruangan mempunyai fungsi supaya bunga anggrek di dalam ruangan tetap mendapatkan suplai cahaya yang cukup. Bila kekurangan cahaya, bunga anggrek akan menjadi tidak sehat bahkan mengalami kematian. Lampu yang dipakai sebaiknya khusus lampu tanaman untuk indoor.

Menjaga kelembapan
BUnga anggrek merupakan tumbuhan tropis yang menyenangi daerah yang lembab. Namun jangan terlalu banyak memberi air sebab akan membuat anggrek busuk. Siramlah tanaman beberapa hari sekali supaya tetap terjaga kelembapannya.

Iklan FP (6) (1)

Memberikan pupuk
Seperti tanaman lain bunga anggrek juga membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup. Sumber nutrisi tanaman selain dari media tanam juga disuplai melalui pemberian pupuk pada tanaman. Kualitas dan kuantitas pupuk bisa mengatur pertumbuhan vegetatif ataupun generatif anggrek. Saat tanaman masih kecil pemberian NPK adalah 30 : 10 : 10 dan pada fase vegetatif sedang bisa diberikan NPK 10 : 10 : 10 .Sedangkan bila sudah memasuki fase generatif yaitu merangsang bunga, maka perbandingan NPK adalah 10 : 30 : 30.

Anda juga dapat memakai pupuk power nutrision agar bunga anggrek tidak mudah rontok. Pupuk ini juga bisa mengurangi kebutuhan pupuk makro sampai 90%. Pemupukan pada tanaman anggrek dilakukan memakai spreyer dan pupuk cair. Bisa langsung disemprotkan cairan pupuk pada akar atau daun anggrek. Pemupukan pada tanaman anggrek dilakukan memakai spreyer dan pupuk cair.

Aplikasikan cairan pupuk dengan cara menyemprotkannya langsung pada daerah akar atau daun anggrek. Pupuk yang diberikan harus dalam kondisi cair dan disemprotkan langsung pada bagian akar. Supaya mineral tersebut bisa terserap sempurna oleh akar dan tidak meresap pada pot bunga. Umumnya cukup melarutkan seperempat sampai setengah sendok teh per satu liter air. Namun untuk bungga anggrek cukup anda pakai setengah takaran dari dosis yang asli.

Bagaimana, cara menanam bunga anggrek mudah bukan? Tentu saja, baik dengan media polybag atau dengan media pot, bunga anggrek tetap bisa tumbuh. Setelah anda berhasil menanam, lanjutkan melakukan perawatan bunga anggrek. Untuk mendapatkan bunga yang indah, anda bisa melakukan tips – tips perawatan tersebut.

Banner Polybag 18

* Info selengkapnya mengenai harga Polybag silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag untuk membudidayakan tanaman dan sayuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP ).

Customer service :
Telp : 031-8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Published by

Lim Mulyono

Entrepreneur

Leave a comment